Ekonomi RI Tumbuh Empat Kali Lebih Cepat dari AS

Minggu, 12 September 2010 - 09:16 wib
Rheza Andhika Pamungkas - Okezone


JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan akan dapat mencapai 6,2 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) hanya bisa menyentuh 1,6 persen.

Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa aliran dana asing (capital inflow) begitu derasnya masuk ke perekonomian Indonesia.

"Jika dilihat dari data tersebut, maka secara fudamental pertumbuhan ekonomi Indonesia masih empat kali lebih cepat dibandingkan AS. Ini menjadi alasan mengapa capital inflow masuk ke pasar Indonesia," ujar Vice President Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere, saat dihubungi wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Alasan lainnya adalah keuntungan berganda (double gain) yang membuat investor asing semakin agresif dalam memburu saham di bursa domestik.

Sepanjang Agustus 2010, nilai beli bersih investor asing (foreign nett buy) di Bursa Efek Indonesia (BEI) bahkan tercatat mencapai Rp90 miliar per hari.

"Selain mendapatkan capital gain (imbal hasil) dari kenaikan harga saham, investor asing juga mendapat dari nilai tukar rupiah yang menguat," jelas Pengamat Pasar Modal Felix Shindunata, di Jakarta, belum lama ini.(ade)

sumber

0 komentar:

Posting Komentar