Sapu Angin 2, 1 Liter Solar Mampu Tempuh 300 KM



SURABAYA- Di tangan mahaiswa Institut Teknologi sepuluh November (ITS) Surabaya, mesin diesel berbahan bakar solar disulap menjadi mobil yang efisien dan irit.

Meski masih berupa prototype, namun mobil tersebut membuktikan bahwa dengan 1 liter solar mampu menempuh jarak sepanjang 300 kilometer.

Mobil yang menggunakan mesin dengan kapasistas 210 cc ini memiliki dimensi 260 cm x 112 cm x 125 cm. Selain itu, beban yang sangat ringan untuk kelas mobil berbahan bakar solar. bayangkan saja, mobil dengan Chasis yang terbuat dari Alumunium Custum ini dengan Body yang terbuat dari Fibberglas hanya berbobot 90 kilogram.



Sementara Sistem Transmisi yang digunakan berupa Sprocket and Chain system yang dilengkapi dengan Stering System Ackermann Steering. Meski hanya prototype mobil sapu angin 2 ini dilengkapi dengan system Brake yang menggunakkan Disk Brake Hydraulic Actuated System dan pelek sebasar 17 Inches.

Sayangnya, meski termasuk mobil yang efisien dan irit bahan bakar namuan belum ada rencana untuk memproduksi secara massal maupun dalam ukuran sebenarnya. Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS, Prof Herman Sasongko mengaku pembuatan mobil ini hanya untuk keperluan lomba di Shell Eco-Marathon (SEM) Asin 2011 pada 6-9 Juli mendatang di sirkuit Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Kami memang bermimpi agar mobil karya mahasiswa ITS ini dapat dijadikan sebagai acuan industri mobil nasional. namun hal itu masih jauh dari kenyataan," katanya, Kamis (31/3/2011).

Dengan hadirnya, mobil sapu angin ini, kata Herman, menunjukkan meski sekelas mahasiswa sudah bisa membuat mobil. Oleh karena itu, ia berharap kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan agar industri otomotif lokal dapat bersaing dengan industri otomotif luar negeri. (uky)

sumber

0 komentar:

Posting Komentar