Omzet Perusahaan RI di Amerika Miliaran Dolar

"Kami surprise ternyata banyak warga Indonesia yang bekerja dan menjadi pengusaha di AS."
JUM'AT, 17 DESEMBER 2010, 22:09 WIB Arinto Tri Wibowo, Iwan Kurniawan


Ketua Umum Hipmi, Erwin Aksa (VIVAnews/Anda Nurlaila)

VIVAnews - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi)-US Trade Mission 2010 berpotensi membuka hubungan antara pengusaha Indonesia yang berada di Amerika Serikat. Bahkan, Hipmi berencana untuk merekrut pengusaha Indonesia yang berbasis di Amerika guna menjadi representatif Hipmi di sana.

"Kami surprise ternyata banyak warga negara Indonesia yang bekerja dan menjadi pengusaha di Amerika," kata Ketua Umum Hipmi, Erwin Aksa, di Jakarta, Jumat 17 Desember 2010.

Menurut Erwin, ada pengusaha Indonesia yang mempunyai perusahaan di sektor teknologi dan informasi (TI) bernama Marvel Technology, yang memproduksi semi konduktor di Silicon Valey yang menjadi pusat TI dunia. Omzetnya mencapai miliaran dolar AS.

"Ini memberikan inspirasi bagi kami dan merupakan kebanggaan bagi Indonesia," ujarnya.

Selain membuka kantor representatif di Amerika, dia menjelaskan, Hipmi sukses melakukan kerja sama bisnis antara pengusaha Indonesia dan Amerika. Bisnis itu antara lain di industri furnitur. Beberapa pengusaha furnitur Indonesia akan memasok untuk hotel-hotel di Amerika.

Bahkan, beberapa hari setelah kepulangan rombongan Hipmi, pengusaha Amerika yang datang ke Indonesia juga membuka hotel di Bandung, Yogyakarta, dan Bali. "Untuk nilainya kami tidak bisa berikan karena setiap bisnis bersifat confidential," kata Erwin.

Selain itu, dia menambahkan, HIPMI juga membuka jaringan bagi pengusaha Indonesia yang tertarik untuk membuka usaha waralaba asal Amerika. Hipmi telah bertemu dengan International Franchise Assosiation untuk membuka jaringan.
Nantinya, bagi pengusaha yang akan membuka bisnis waralaba asal Amerika, pengusaha tinggal menghubungi asosiasi waralaba Amerika tersebut.

Hipmi pun tertarik untuk mengimplementasikan Angel Investors Community. Lembaga ini berperan sebagai bapak angkat yang berkomitmen untuk membantu pendanaan pengusaha pemula guna memulai suatu bisnis. "Tindak lanjut kerja sama Hipmi akan dikoordinasikan dengan perwakilan RI di Amerika Serikat," katanya. (hs)
sumber

0 komentar:

Posting Komentar